Penerimaan dan Pendaftaran Mahasiswa Baru UNS SBMPTN 2013


Penerimaan dan Pendaftaran Mahasiswa Baru UNS SBMPTN 2013 - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan menerima 2.160 calon mahasiswa program S1 dari 54 program studi melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2013.
Menurut Pembantu Rektor I bidang Akademik UNS, Prof Drs Sutarno MSc PhD, jumlah tersebut merupakan 40 persen dari kuota penerimaan mahasiswa baru di UNS yang totalnya sebanyak 5.485 kursi pada tahun akademik 2013/2014.

"Pada penerimaan calon mahasiswa baru tahun akademik 2013/2014, UNS memakai tiga jalur penerimaan, yani Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang kuotanya 50 persen dari total mahasiswa yang diterima, SBMPTN yang kuotanya 40 persen dan Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT) yang kuotanya 10 persen," jelas Sutarno didampingi Sekretaris Eksekutif Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS Prof Dr Soenardi.

Sutarno mengatakan, bahwa SNMPTN menerima 2.600 calon mahasiswa, melalui jalur SBMPTN sebanyak 2.160 mahasiswa dan 540 calon mahasiswa melalui UMBPT. Untuk seleksi melalui SNMPTN sudah dilaksanakan dan tinggal menunggu pengumuman pada 28 Mei mendatang.
Tidak lama lagi, akan disusul pelaksanaan pendaftaran SBMPTN yang dimulai 13 Mei hingga 7 Juni 2013. Adapun hasilnya akan diumumkan pada 12 Juli 2013.

Penerimaan dan Pendaftaran Mahasiswa Baru UNS SBMPTN 2013
Menurut Sutarno, untuk SBMPTN 2013, seleksi akan dilakukan melalui ujian tertulis. Calon mahasiswa bisa memilih tiga opsi yakni jurusan sains dan teknologi (Sainstek), kemudian jurusan sosial dan humaniora (Soshum) serta campuran. Masing-masing jurusan bisa mengambil tiga pilihan prodi dari bidang yang sama.
Untuk jurusan Sainstek materi ujian tulis meliputi tes potensi akademik (TPA); Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) serta Tes Kemampuan dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) yang meliputi Biologi, Kimia dan Fisika.

Untuk jurusan Soshum materi ujian TPA, TKDU dan TKD Soshum yang meliputi mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi. "Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian jurusan Saintek, Soshum atau campuran dengan masing-masing jurusan bisa memilih tiga prodi," ungkapnya.

source: suaramerdeka